Beda Matcha Dan Green Tea

Beda Matcha Dan Green Tea

Beda Matcha Dan Green Tea. Green tea adalah jenis teh yang sangat terkenal akhir-akhir ini.  Java Green Tea menyediakan berbagai macam varian teh. Tak hanya teh hijau namun juga ada varian seperti teh hitam dan juga white tea. Untuk informasi dan pemesanan silahkan hubungi java green tea melalui Call atau WA 081233483583 /081541437747

Varian jenis Matcha berasal dari daun teh yang sudah mengalami proses tumbuh sangat ketat, begitu tunasnya sudah muncul langsung ditutupi dari terik sinar matahari dan juga berada di area tempat yang sangat teduh. Sedangkan teh hijau sendiri, tumbuh dengan paparan sinar matahari penuh. Di karena pertumbuhan tunas daun teh matcha hampir 95% tidak mendapatkan paparan sinar matahari, maka pertumbuhan jenis matcha ini sedikit lebih lambat sehingga nantinya akan menghasilkan rasa yang unik yang juga berbeda dari teh hijau,rasa unik ini timbul disebabkan oleh datangnya beberapa peningkatan produksi asam amino. Setelah di panen, teh jenis matcha ini hanya diambil daun dan batangnya pun dibuang.

Beda Matcha Dan Green Tea

Berbeda dengan daun teh hijau, teh hijau ini cenderung menggunakan daun dan batangnya untuk diolah menjadi  teh. Itulah mengapa produk jenis matcha banyak disajikan dalam bentuk bubuk, ketika sedang di panen, daunnya pun langsung digiling dan menghasilkan bubuk yang sangat halus. Sedangkan varian teh hijau ini, setelah di panen daun dan batangnya langsung dikeringkan dan dipanggang jadi tak heran jika variasi penyajiannya sangat banyak semisal  dalam versi tumbuk yang lebih kasar dari matcha (kantong teh), bentuk tradisional ‘teh tubruk’ atau diekstrak. Beda Matcha Dan Green Tea

Beda Matcha Dan Green Tea

Mungkin sekilas kedua jenis teh ini sangat mirip,namun bila di cermati lebih teliti lagi bahwa kedua jenis teh ini memiliki perbedaan dari mulai tampilanya hingga rasa yang signifikan. Nah berikut ini akan saya jelaskan beberapa perbedaan dari kedua jenis teh di atas.

Beda Matcha Dan Green Tea

Cara pengolahan

Jenis Matcha diproses dengan cara menutup bagian daun teh selama kurang lebih 25 sampai 30 hari,penutupan ini di lakukan sebelum daun teh dipanen agar nantinya bisa terhindar dari terik sinar matahari. Hal ini pula lah yang membuat warna daun jenis matcha menjadi agak lebih gelap, hal ini terjadi dikarenakan meningkatnya jumlah asam amino yang ada di klorofil daun. Tahap selanjutnya adalah proses pengeringan daun matcha. Daun matcha ini juga sengaja agar dibuat cukup singkat untuk menjaga warna hijaunya. Setelah di panen, petani akan langsung memisahkan bagian batang dan urat daun dan tak lupa untuk menumbukknya dengan batu hingga sangat halus. Sedangkan untuk varian green tea atau teh hijau sendiri biasanya akan disuguhkan ketika masih berupa potongan-potongan daun teh pada umumnya. Dan ketika diseduh, anda juga harus menyaring ampasnya terlebih dahulu. Proses seperti  ini tentunya berbeda dengan teh jenis matcha yang tidak memiliki ampas sama sekali. Jenis green tea juga juga jarang sekali diolah menjadi sebuah bubuk yang halus. Dan jika green tea ditumbuk halus, maka akan menimbulkan warna dan rasa yang berbeda.

Beda Matcha Dan Green Tea

Perbedaan Dari Segi Rasa

Jenis teh hijau ini memiliki rasa yang yang lebih segar, sedangkan varian rasa matcha cenderung memiliki rasa lebih creamy. Rasanya cenderung seperti rumput laut. Tidak seperti jenis teh hijau dengan aftertaste yang menjadikan teh hujau memiliki rasa sedikit asam dan pahit, tetapi kalau jenis matcha ini tidak meninggalkan aftertaste sedikit pun.

Manfaat dan kandungan

Menurut penilitian mengenai kandungan matcha bahwa meminum secangkir matcha bisa diibaratkan dengan mengonsumsi tiga cangkir teh hijau. Dan dikatakan juga bahwa kandunga antioksidan di dalam matcha lebih tinggi dibanding beberapa jenis sayuran yang biasa anda beli. Teh matcha banyak mengandung kafein, polifenol, dan juga antioksidan yang lebih tinggi (termasuk EGCG) dan L-Theanine bahkan jumlah nya pun lebih banyak daripada rata-rata teh hijau. Oleh karena itu, para peneliti mengungkapkan bahwa teh jenis  matcha memiliki kemampuan membakar lemak dalam jumlah yang lebih tinggi, dapat juga untuk mencegah sel-sel kanker, dapat pula untuk membantu anda untuk menjernihkan pikiran, dan juga dapat meningkatkan konsentrasi, Dan yang paling penting ialah dapat menangkal serangan radikal bebas dan memperbaiki sel tubuh yang rusak.

Warna

Bubuk teh matcha cenderung berwarna hijau gelap, sedangkan jenis green tea memiliki warna yang  kekuning-kuningan. Ketika diseduh juga akan nampak sekali perbedaan warna yang cukup signifikan. Jenis green tea akan tampak seperti teh pada umumnya, namun green tea ini juga memiliki warna yang lebih bening.

Cara mengonsumsi

Saat anda mengkonsumsi teh hijau, biasanya anda akan menyeduh teh hijau ini dalam segelas atau seteko air, lalu anda akan membuang sisa daun teh hijau atau kantung teh sisanya setelah selesai menyeduh. Tapi jika anda mengkonsumsi jenis matcha, maka anda benar-benar mengkonsumsi keseluruhan secara berkala mulai daun teh yang hijau  yang sudah melalui proses pengeringan yang cukup dan juga dibuat menjadi bubuk yang halus. Varian jenis matcha ini biasanya banyak digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat kue, minuman, eskrim, hingga pengolahan pudding. Jika anda mengonksumsi teh jenis matcha, ini sama artinya bahwa anda juga mengkonsumsi seluruh bagian dan kandungan dan juga manfaat baik yang ada pada daun teh hijau.

Berikut Beberapa Manfaat Dari Teh Jenis Matcha Untuk Kesehatan

Memberikan antioksidan yang tinggi

Antioksidan merupakan zat yang mampu mencegah penuaan dini pada seseoarang khususnya pada masaa remaja. Bahkan mengkonsumsi teh hijau dapat mencegah terjadinya penyakit kronis. Dahulu dalam penelitian sudah dijelaskan oleh penelitian tuft University USA dengan menggunakan metode ORAC bahwa anti oksidan dalam green tea ini lebih tinggi kandungannya dari pada blubery dan pomegranetas. Itu sebabnya mengapa green tea sangat efektif dalam memberikan kecantikan pada kulit wajah karena memiliki manfaat antioksidan.

Dapat digunakan untuk membunuh kanker

Kandungan antioksidan dalam grean tea ini memiliki kandugan anti kanker yang sangat tinggi sehingga ia sangat baik untuk digunakan pemberantas kanker. Bahkan green tea ini dapat memperbaiki kulit yang terkena sinar UV dan dapat mengembalikan sel-sel DNA yang rusak akbat benda-benda asing yang masuk kedalam tubuh. Bahkan antioksidan dalam green tea ini dapat melawan radikal bebas yang menyerang tubuh.

Meningkatkan asam amino

Selain antioksidan yang ada pada green tea. Green tea memiliki kandungan asam amino yang sangat efektif untuk menghilangkan stress. Sehinga teh ini biasa digunakan untuk relaksasi pada individu. Selain itu kandungan pada green tea ini sangat bermanfaat dan efektif untuk menambah konsentrasi pada setiap orang khususnya untuk anak yang masih berada dalam masa perkembangan.

Dapat memberikan energi yang cukup

Selain itu teh ini biasa digunakan untuk meningkatkan energi dan dapat membantu untuk meningkatkan kafein sehingga akan membantu dalam memberikan energi yang lebih dari pada mengkonsumsi karbohidrat. Meskipun karbohidrat dibutuhkan tetapi kafein lebih baik. Manfaat teh ini memang menambah energi. Tetapi beda dengan kopi. Kafein yang ada di dalam teh hijau ini tidak membuat seorang yang mengkonsumsinya menjadi deg-degan. Jadi akan baik bila digunakan untuk minuman terapi setiap harinya.

Sekian dahulu ulasan tentang Beda Matcha Dan Green Tea. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website JAVA GREEN TEA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *